Manfaat BIG DATA Dalam Sektor Pubik Dan Bisnis

Manfaat BIG DATA. Big Data adalah istilah yang diberikan pada kumpulan data yang beukuran sangat besar dan kompleks, sehingga tidak memungkinkan untuk diproses menggunakan perangkat pengelola database konvensional ataupun aplikasi pemroses data lainnya.

Manfaat BIG DATA Pada Sektor Layanan Publik

Perusahaan atau institusi yang yang berada pada sektor layanan publik lazimnya memiliki orientasi utama pada pencapaian kepuasan klien/ pelanggan. Resource Big Data dapat memberikan andil dengan menyajikan berbagai informasi berharga sebagai berikut.
  1. .Mendapatkan feedback dan respon masyarakat sebagai dasar penyusunan kebijakan dan perbaikan pelayanan publik. Feedback tersebut dapat diperoleh dari sistem informasi layanan pemerintah maupun dari media sosial.
  2. Membuat layanan terpadu dengan segmen khusus sehingga layanan bisa lebih efektif dan efisien.
  3. Menemukan solusi atas permasalahan yang ada, berdasarkan data. Sebagai contoh : menganalisis informasi cuaca dan informasi pertanian terkait data tingkat kesuburan tanah, pemerintah dapat menetapkan atau menghimbau jenis varietas tanaman yang ditanam oleh petani pada daerah dan waktu tertentu.

Manfaat BIG DATA Pada Sektor Bisnis

Perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam sektor bisnis memiliki orientasi utama pada pencapaian margin laba setinggi mungkin (profit oriented). Berbagai informasi penting dapat dihasilkan dari Big Data yang dapat mendukung proses pengambilan keputusan bagi pimpinan perusahaan sebagai berikut:
  1. Mengetahui respons masyarakat terhadap produk-produk yang dikeluarkan melalui analisis sentimen di media sosial.
  2. Membantu perusahaan mengambil keputusan secara lebih tepat dan akurat berdasarkan data
  3. Membantu meningkatkan citra perusahaan di mata pelanggan.
  4. Perencanaan usaha, dengan mengetahui perilaku pelanggan seperti pada perusahaan telekomunikasi dan perbankan.
  5. Mengetahui trend pasar dan keinginan konsumen.

Referensi
Tim Penyusun Kominfo, 2015, Buku Saku Big Data, Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Post a Comment for "Manfaat BIG DATA Dalam Sektor Pubik Dan Bisnis"