Manfaat Daun Suruhan Atau Tumpangan Air Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Suruhan Atau Tumpangan Air Bagi Kesehatan. Tahu kah anda bahwa Jenis Rumput ini Sangat ampuh mengobati Penyakit Kronis. Daun suruhan atau yang biasa disebut daun tumpangan air mempunyai bentuk agak lebar dan terlihat seperti daun yang menampung air hujan. Ukuran tanamannya sendiri berbentuk kecil dan akar pendek serta tangkai yang pendek juga. Yang mana di dalam daun suruhan mengandung banyak kegunaan herbal alami seperti alkaloid, minyak atsiri, lemak, tanin serta kalsium oksalat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Berikut adalah Beberapa Manfaat Daun Suruhan.

Manfaat Daun Suruhan Atau Tumpangan Air Bagi Kesehatan


Mengatasi Sakit Menstruasi

Untuk kamu yang sering mengalami nyeri serta kram pada saat haid atau menstruasi, juga bisa memanfaatkan daun suruhan ini untuk menghilangkan masalah tersebut tanpa menimbulkan efek samping.

Mengobati Sakit Kepala

Sakit kepala, migrain atau vertigo bisa hilang dengan menggunakan daun suruhan ini yakni dengan minum air rebusan daun suruhan secara rutin sampai sakit kepala bisa sembuh total.

Mengobati Pegal Linu

Pegal linu yang menimbulkan rasa letih, linu, pegal, lemas dan tidak bertenaga bisa dipulihkan hanya dengan memanfaatkan daun suruhan. Daun suruhan akan memberikan energi sekaligus membangkitkan stamina kamu dengan mengkonsumsi daun suruhan secara teratur.

Mengobati Asam Urat

Penyakit asam urat juga bisa diatasi dengan memanfaatkan daun suruhan yang mengandung ekstrak etanol. Caranya dengan merebus daun suruhan dan minum air rebusan tersebut setiap hari sampai asam urat bisa hilang sekaligus mencegah kambuhnya asam urat kembali.

Cuci bersih 5 gram daun suruhan segar lalu rebus dengan 2 gelas air.
Rebus dengan api yang kecil sampai tersisa 1 gelas saja. Dinginkan dan minum 2 kali sehari yaitu pagi dan malam hari secara teratur.

Mengobati Luka Bakar

Daun suruhan juga bisa digunakan untuk mengobati luka pada kulit khususnya luka bakar. Dengan menggunakan daun suruhan, sakit yang ditimbulkan dari luka bakar bisa dikurangi sekaligus menyembuhkan luka bakar lebih cepat.

Siapkan segenggam daun suruhan segar lalu cuci sampai bersih.
Haluskan daun suruhan dan tempelkan langsung pada area kulit yang mengalami luka bakar atau terpukul.
Bungkus dengan perban dan diamkan selama beberapa saat dan jangan lupa mengganti daun suruhan secara berkala.

Sebagai Obat Anti Kanker

Daun suruhan juga bisa dijadikan obat alternatif untuk pencegahan penyakit kanker sekaligus menghambat pertumbuhan sel kanker karena terkandung senyawa P. Pellucida di dalam ekstrak daun suruhan tersebut.

Menjaga Kesehatan Kandung Kemih

Daun suruhan juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan kandung kemih sekaligus menghilangkan kotoran serta bakteri yang menempel pada saluran kemih, sehingga kesehatan kandung kemih bisa tetap terjaga dengan baik.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi dalam tubuh juga bisa dinetralkan atau diturunkan dengan memanfaatkan air rebusan daun suruhan dengan sangat cepat dan ampuh. Konsumsi air rebusan daun suruhan ini secara teratur agar kadar kolesterol dalam darah bisa tetap stabil.

Mengatasi Impotensi

Tidak hanya berguna untuk mengatasi berbagai penyakit pencernaan, kepala dan mengatasi gangguan kulit, namun air rebusan daun suruhan juga berkhasiat untuk mengatasi impotensi pada pria secara alami.

Mengatasi Demam

Untuk mengatasi demam pada anak ataupun orang dewasa juga bisa didapat dari daun suruhan yakni dengan menghaluskan segenggam daun suruhan lalu menempelkannya pada kepala. Cara lainnya adalah dengan minum air rebusan daun suruhan sampai demam bisa turun.

Berikut adalah beberapa Manfaat Lain Dari Daun Suruhan
  1. Mengatasi sakit perut
  2. Melancarkan saluran kemih
  3. Mengatasi sekaligus mengurangi kolik pada bayi
  4. Menghentikan pendarahan
  5. Mengobati kanker payudara
  6. Mengatasi sakit campak
  7. Menyembuhkan gangguan mental
  8. Mengobati batuk
  9. Mengatasi tekanan darah tinggi
  10. Mengobati abses
  11. Menyembuhkan radang mata


Cara mengolah daun suruhan menjadi obat

Untuk di jadikan sebagai obat dalam, anda bisa menumbuk kasar daun suruhan, rebus saring dan konsumsi airnya secara teratur. Adapun untuk pengobatan luar seperti untuk jerawat dan luka bakar, anda bisa melumatkan hingga halus daun suruhan dan menempelkannya pada bagian kulit yang bermasalah.

Demikian ulasan yang bisa kami berikan mengenai manfaat daun suruhan untuk mengatasi berbagai penyakit. Untuk kamu yang memiliki masalah pernapasan seperti asma dan sedang menyusui atau memberikan ASI pada bayi, tidak disarankan untuk minum atau makan daun suruhan. Meskipun jarang terjadi, daun suruhan ini bisa menyebabkan alergi pada penderita asma ataupun saat menyusui bayi. Daun suruhan ini juga nikmat disantap mentah sebagai lalapan dengan tekstur yang renyah seperti seledri dan rasa yang sedikit pedas dengan efek menyejukkan.

Post a Comment for "Manfaat Daun Suruhan Atau Tumpangan Air Bagi Kesehatan"