Manfaat Perbankan

Manfaat Perbankan. Bank sangat penting dalam pembangunan ekonomi suatu negara. Adapun tujuan perbankan adalah merupakan penyedia mekanisme dan alat pembayaran yang efesien bagi nasabah. Untuk ini, bank menyediakan uang tunai, tabungan, dan kartu kredit.  Dengan tidak adanya penyediaan alat pembayaran yang efesien ini, maka barang hanya dapat diperdagangkan dengan cara barter. dengan menerima tabungan dari nasabah dan meminjamkannya kepada pihak yang membutuhkan dana, berarti bank meningkatkan arus dana untuk investasi dan pemanfaatan yang lebih produktif. Bila peran ini berjalan dengan baik, ekonomi suatu negara akan meningkat.
Manfaat Perbankan

Manfaat Perbankan
  1. Sebagai model investasi, yang berarti, transaksi derivatif dapat dijadikan sebagai salah satu model berinvestasi. Walaupun pada umumnya merupakan jenis investasi jangka pendek (yield enhancement).
  2. Sebagai cara lindung nilai, yang berarti, transaksi derivatif dapat berfungsi sebagai salah satu cara untuk menghilangkan risiko dengan jalan lindung nilai (hedging), atau disebut juga sebagai risk management.
  3. Informasi harga, yang berarti, transaksi derivatif dapat berfungsi sebagai sarana mencari atau memberikan informasi tentang harga barang komoditi tertentu dikemudian hari (price discovery).
  4. Fungsi spekulatif, yang berarti, transaksi derivatif dapat memberikan kesempatan spekulasi (untung-untungan) terhadap perubahan nilai pasar dari transaksi derivatif itu sendiri.
  5. Fungsi manajemen produksi berjalan dengan baik dan efisien, yang berarti, transaksi derivatif dapat memberikan gambaran kepada manajemen produksi sebuah produsen dalam menilai suatu permintaan dan kebutuhan pasar pada masa mendatang.
Jasa perbankan sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam kegiatan perekonomian. Oleh karena itu semakin banyaknya kegiatan perekonomian yang dimasuki oleh masyarakat sehingga masyarakat akan mendapatkan kemudahan dalam melakukan perekonomian. Untuk itu, pengetahuan mengenai bank dan berbagai produk jasanya harus dipupuk sedini mungkin meski hanya sebatas pengetahuan saja sehingga pengetahuan semakin meningkat dan mendapatkan informasi terlebih dahulu mengenai jasa produk perbankan.

Bank merupakan sarana yang memudahkan aktivitas masyarakat unutk menyimpan uang, dalam hal perniagaan maupun untuk investasi masa depan. Dunia perbankan merupakan salah satu institusi yang sangat berperan dalam bidang perekonomian suatu Negara.

Manfaat jasa perbankan sebenarnya sangat banyak. Akan tetapi hanya sedikit sekali masyarakat yang mengetahuinya. Sehingga masih banyak masyarakat yang terlibat masalah hutang piutang dengan rentenir. Dalam menyikapi hal ini seharusnya bank jauh lebih peka dan mencari satu alternative bagaimana cara merealisasikan manfaat dari pada bank itu sendiri kepada masyarakat luas terutama bagi masyarakat yang perekonomian menengah kebawah.

Sumber
http://id.wikipedia.org/wiki/Bank

Post a Comment for "Manfaat Perbankan"