Apakah Manfaat Zakat

Cahaya Manfaat~ Sudahkah anda Berzakat…? Zakat itu membersihkan akhlak orang yang menunaikannya dari sifat bakhil dan pelit, sebagaimana firman Allah SWT

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka.” [Qs. At-Taubah: 103].

Zakat memperluas peredaran harta. Karena harta apabila disalurkan sebagiannya, meluaskan cakupannya dan banyak orang dapat memanfaatkannya. Lain halnya jika harta itu hanya beredar di antara orang-orang kaya saja, maka orang-orang miskin tidak akan mendapatkan apapun darinya.

zakat adalah ibadah, maka disyaratkan untuk sahnya zakat dengan niat. Yaitu dimaksudkan muzakki (wajib zakat) ketika menunaikan zakatnya hanya untuk mengharap wajah Allah SWT semata dan pahala-Nya. Dia harus menguatkan niatnya di dalam hatinya bahwa zakat adalah wajib.

Manfaat Zakat
  1. Membina Dan Mempererat tali persaudaraan Sesama Umat Islam
  2. Menghindarkan Penumpukan Harta peroranganyang dikumpulkan atas penderitaan orang lain
  3. Mencegah Jurang Pemisah Antara Simiskin Dan Sikaya yang akan menimbulkan Masalah Dan Kejahatan Sosial
  4. Mengembangkan Tanggung Jawab Perseorangan Terhadap Kepentingan Masyarakat Umum
  5. Mengimbangi ideology Kapitalis Dan Komunis
  6. Membantu Mengurangi dan Mengangkat Kaum Fakir miskin dari kesulitan hidup dan Pendapatan Mereka
  7. Membersihkan dan menumbuh-kembangkan harta serta menjaga harta dari noda-noda dosa dengan keberkahan mentaati dan mengagungkan perintah Allah  SWT
  8. Menyucikan jiwa dari noda bakhil, kikir dan kerakusan serta ketamakan.
  9. Menyatukan hati-hati yang beragam dengan nilai-nilai iman dan Islam serta menghindarkan hati dari keraguan dan kelemahan iman menuju iman dan keyakinan yang sempurna.
  10. Menjaga kemaslahatan ummat demi tercapainya kebahagiaan hidup bersama.

Post a Comment for "Apakah Manfaat Zakat"