Manfaat Integrasi Nasional

Manfaat Integrasi Nasional. Faktor pendidikan sangatlah berperan penting membuka wawasan seseorang untuk lebih saling memahami dan menghormati keragaman budaya Indonesia sebagai suatu kekayaan bangsa sehingga mampu tercapainya integrasi sosial maupun integrasi nasional.

Manfaat Integrasi Nasional

Cita-cita menerapkan konsep integrasi nasional akan terwujud, manakala sekelompok anggota masyarakat bersedia menerobos identitasnya dan mengambil jarak dari segala kepentingan yang selama ini dianggap membentuk watak dirinya atau watak kelompoknya. Dengan demikian ia meninggalkan identitasnya, yang kemudian membuka kemungkinan untuk pembentukan integrasi yang lebih luas.

Integrasi nasional terjadi juga akibat terbentuknya kelompok-kelompok yang dipersatukan oleh suatu isu bersama, baik yang bersifat ideologis, ekonomis, maupun sosial. Misalnya, kelompok pedangang kaki lima (PKL) membentuk jaringan mereka ketika menghadapi Perda yang dikeluarkan Pemda atau ketika mereka harus menghadapai operasi Satpol PP. Demi kepentingan tersebut, seorang PKL yang beretnik Minang akan bersatu dengan PKL-PKL beretnik lain. Singkat kata, integrasi pada dasarnya menyatukan lintas identitas untuk satu kepentingan bersama.

Konsep tentang integrasi nasional menjadi penting untuk dijadikan strategi kebudayaan bagi bangsa Indonesia yang telah berusia lebih dari enam dasa warsa ini. Strategi kebudayaan dalam hal ini mengacu pada kekuatan budaya yang bertolak pada kedekatan dan pandangan hidup pelaku kebudayaan dalam kaitannya dengan kompleksitas kebudayaan yang dianut. Dengan demikian, mengembangkan konsep integrasi nasional sebagai strategi kebudayaan Indonesia pada dasarnya menyatukan visi dan misi di antara sejumlah kepentingan dan identitas masing-masing anggota masyarakat berlatar belakang kebudayaan yang kompleks.

Maka dapat disimpulkan bahwa manfaat integrasi nasional adalah
  1. Dikenalnya budaya local ke manca Negara
  2. Menambah kebudayaan di negara kita
  3. Membuat para turis tertarik mempelajarinya
  4. Menjadi kebanggan kita bersama

Halangan membangun integritas adalah
  1. Adanya penonjolan SARA
  2. Adanya rasa membeda-bedakan kebudayaan suku lain

Post a Comment for "Manfaat Integrasi Nasional"