Manfaat Luar Biasa Blustru Untuk Kesehatan

Manfaat Luar Biasa Blustru Untuk Kesehatan. Blustru, adalah sayuran buah minor. Yang biasanya ditanam dipekarangan atau bagian ladang yang tidak digunakan untuk tanaman lain. Selain itu Tanaman ini banyak tumbuh ditepi sungai atau semak semak tumbuh merambat sehingga jika ditanam sering dirambatkan pada pohon ataupun dibikin kayak pagar untuk perambatannya. 

Manfaat Luar Biasa Blustru Untuk Kesehatan


Kandungan Blustru

Kandungan Buah blustru mengandung luffein (zat pahit), cucurbitacin, dan citrulline. Bijinya mengandung protein, minyak lemak, a-spinasterol, squalene, dan cucurbitacin B. Getahnya mengandung vitamin B dan C, saponin, lemak, xylan, dan protein. Batang pohon dan daunnya mengandung tannin dan saponin. Bunga blustru mengandung asam aspartat, glutamin, lisin, alanin, dan arginin. Sabut dalam buahnya mengandung mannosan, xylan, galactan, xylose, saponin, galaktosa, selulosa, manitosa, dan vitamin A, vitamin B dan C.

Manfaat Blustru

Blustru biasanya dipanen ketika buahnya masak dan dimanfaatkan sebagai sepon pembersih waktu mandi. Seluruh bagian dari tanaman blustru dapat digunakan untuk pengobatan herbal.

Buah Blustru mengandung senyawa cucurbitacin, luffein, citrulline dan saponin triterpen yang berkhasiat untuk penghenti perdarahan (hemostatis), peluruh dahak, keputihan, sukar buang air besar, haid tidak teratur , bisul, mimisan, batuk sesak dan pencahar ringan (laksatif).

Cara Pengobatannya

Untuk mengatasi haid yang tidak tidak teratur kamu bisa menggunakan buah blustru. Siapkan buah blustru sebesar 4 jari, cuci sampai bersih lalu diparut. Tambahkan setengah gelas air masak dan sesendok garam halus. Setelah tercampur rata, remas dan saring. Air yang terkumpul bisa diminum sekaligus. Lakukan proses ini tiga kali dalam sehari.

Dikutip dari berbagai sumber

Post a Comment for "Manfaat Luar Biasa Blustru Untuk Kesehatan"