Manfaat Sumpah Pemuda

Manfaat Sumpah Pemuda. Tanggal 28 Oktober 1928, adalah hari dimana lahirnya Sumpah Pemuda.. Berkat perjuangan para pemuda pada masa itu, bangsa ini dapat mendeklarasikan Sumpah Pemuda yang berisi pernyataan bahwa harkat dan martabat orang Indonesia tidak bisa lagi ditindas. Tekad yang keras tersebut membawa Indonesia menuju kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945.

Dengan adanya Sumpah pemuda maka manfaat yang dirasakan dengan menjiwai pengorbanan para generasi muda bangsa Indonesia dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan. Inti dari sumpah pemuda adalah satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.

Manfaat Sumpah Pemuda

Satu nusa bermakna, bangsa Indonesia mengaku bertanah air satu, tanah air Indonesia. Wilayah Indonesia yang terdiri atas pulau-pulau besar dan kecil tersebar dari Sabang sampai Merauke. Antarpulau dipisahkan oleh lautan.Keadaan seperti ini tidak memudarkan semangat bangsa Indonesia untuk bersatu.Oleh karena itu, bangsa Indonesia membentuk sebuah Negara kesatuan, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Satu bangsa bermakna, bangsa Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia yang terdiri atas berbagai macam suku bangsa dan budaya mempunyai ciri utama yang sama. Ciri utama tersebut diantaranya adalah semangat prsaudaraan , gotong royong, dan tolong-menolong antar sesama. Bangsa Indonesia pada umumnya mempunyai semangat kekeluargaan yang tinggi. Bangsa Indonesia dapat hidup berdampingan dengan suku bangsa yang berbeda. Bangsa Indonesia walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu. Hal tersebut sesuai dengan semboyan Negara, yaitu Bhineka Tunggal Ika.

Satu bahasa bermakna, bangsa Indonesia mempunyai bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Bangsa Indonesia memerlukan bahasa pemersatu yang dapat dimengerti oleh seluruh warga Negara Indonesia. Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pengantar di Sekolah, pemerintahan, dan pergaulan masyarakat sehari-hari.

Manfaat persatuan dan kesatuan sesuai makna Sumpah Pemuda diantaranya sebagai berikut:
  1. Mempererat hubungan kekeluargaan dan persaudaraan.
  2. Membina kerukunan hidup dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
  3. Menumbuhkan kesadaran bahwa ancaman terhadap satu pulau atau daerah berarti ancaman bagi seluruh tanah air Indonesia.
Manfaat dari sumpah pemuda bagi masyarakat indonesia adalah menumbuhkan rasa kerja keras serta rajin bekerja, semangat untuk gotong royong dalam membangun suatu kebersamaan sebagai bangsa. Bahwa kita punya karakter yang diturunkan oleh nenek moyang  sebagai karakter bangsa yang akan menghantarkan bangsa indonesia ke dalam kemerdekaan yang sesungguhnya. Yaitu terlepas dari pengaruh ideologi, politik, budaya serta ekonomi asing yang tidak kita harapkan.

Dikutip dari berbagai sumber

Post a Comment for "Manfaat Sumpah Pemuda"