Manfaat Tawakal

Manfaat TAWAKAL. Dengan Bertawakal adalah bekal yang sangat diperlukan setiap insan yang beriman karena hidup di dunia ini tidak selamanya akan berjalan mulus dan menyenangkan. Di sana pasti ada kerikil-kerikil cobaan yang harus dilalui karena kehidupan di dunia ini bukanlah akhir episode perjalanan anak Adam. Kita semua tentu sudah memahami hal ini. Namun, apakah dengan adanya berbagai macam kesulitan hidup itu berarti kita harus pasrah, pesimis, apatis, dan tanpa usaha? Tentu tidak, wahai saudaraku, kita harus tetap berusaha memperbaiki nasib dan keadaan. Hanya, harus dengan cara yang dibenarkan oleh syari’at, yaitu berbekal sabar dan tawakal kepada Allah, niscaya Allah akan memberikan jalan keluar yang lebih mudah.
Manfaat Tawakal

Untuk mengembangkan kepercayaan pada Allah, seseorang harus mengubah cara pandangnya tentang keberadaan dirinya, kehidupan dunia, hubungan kemanusiaan, kesulitan dan kebahagaian, kesehatan dan penyakit, kekayaan dan kemiskininan, kesuksesan dan kegagalan, kehidupan dan kematian, dan menjadi realistis tentang dirinya, menjadi makhluk Allah dan ciptaan-Nya, Sang Maha Kuasa, Yang telah menciptakan alam semesta, dari partikel terkecil ke makhluk terkuat. Seseorang harus menyadari bahwa Allah adalah satu-satunya sumber dari setiap karunia, kesukesan, dan keberuntungan, dan tidak ada gangguan yang dapat sampai pada-Nya bahkan dari musuh yang paling berkuasa sekalipun tanpa izin Allah dan begitu pula hal yang sama tidak ada keuntungan.

Sesungguhnya tawakal itu sangat erat kaitannya dengan keimanan seorang. Tidaklah seorang itu dikatakan beriman kecuali apabila ia telah mewujudkan tawakal dalam usaha atau amalan yang ia lakukan.

Manfaat dari  tawakal
  1. Dalam riwayat Islam, tawakal sudah di junjung tinggi sebagai tanda yang jelas dari seorang yang beriman, takwa dan berserah mutlak pada Allah. Hanya mereka yang menikmati hubungan sejati dengan Allah dapat selalu percaya pada-Nya, dalam kondisi apapun di seluruh kehidupannya.
  2. Seseorang yang bertawakal pada Allah kesuksesannya di dunia dan di akhirat terjamin olehNYA, tidak pedulli apapun kesulitannya yang di alami di kehidupannya atau seberapa dahsyatnya kekuatan musuh yang dihadapinya.
  3. Imam Ali (a.s): “Tawakal pada Allah adalah sumber pertolongan dari setiap kejahatan dan perlindungan dari setiap musuh.” [Al-Majlisi, Bihar al-Anwar, vol. 56, hal. 79].
Tawakal atau mempercayakan segala urusan seseorang pada Allah tergantung dari pengetahuan orang tsb dan keyakinan yang kuat pada Ketuhanan dan Kekuasaan dan kualitas otoritas dari pada esensi Kesucian diatas segala urusan yang ada di alam semesta ini. Meski demikian, mempercayakan urusan dunia dan akhirat kepada Allah bukan berarti bahwa usaha dan kerja keras harus diabaikan. Justru seseorang harus melakukan perbuatan yang terbaik dari kemampuannya lalu kemudian bergantung sepenuhnya pada Allah dengan keadilan, pertolongan dan kemurahan-Nya

Post a Comment for "Manfaat Tawakal"