Hasil dan manfaat dari AKIDAH ISLAM

Cahaya Manfaat~ Jika Hali ini diyakini dengan benar akan memberikan banyak hasil dan manfaat yang besar antara lain:

Iman Kepada ALLAH Beserta Asma’ Dan Sifatnya
Iman ini menanamkan dalam pribadi seorang hamba kecintaan dan pengagungan kepada ALLAH , yang menuntutnya untuk senantiasa melaksanakan segala perintah ALLAH dan menjahui segala larangannya dengan demikian akan diperoleh kebahagiaan yang sempurna dalam kehidupan didunia dan akhirat, baik untuk individu maupun untuk masyarakat. Firman ALLAH:
“Barang Siapa Yang Mengerjakan Amal Saleh, Baik Laki-Laki Maupun Perempuan Dalm Keadaan Beriman, Maka Sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan kami berikan balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dapari apa yang telah mereka kerjakan.” (An-Nahl:97)

Iman Kepada Malaikat
Manfaat Yang diperoleh adalah
  1. Mengetahui Kebesaran, Kekuatan, Dan Kekuasaan ALLAH SWT.
  2. Bersyukur Kepada ALLAH SWT Atas perhatiannya Kepada Hamba-Hambanya dengan menugaskan diantara malaikat malaikat itu untuk: Menjaga mereka , mencatat amal perbuatan mereka, dan kepentingan-kepentingan lainnya.
  3. Mencintai Para MalaikatDan Memohon ampun untuk orang-orang mukmin
Iman Kepada Kitab-Kitab
Manfaat Yang diperoleh adalah
  1. Mengetahui Rahmat (Kasih Sayang) ALLAH Dan Perhatiannya Kepada Umat Manusia Dengan Menurunkan Kitab Suci Sebagai Pedoman Untuk Mereka
  2. Mengenal Bahwa ALLAH SWT Maha bijaksana, Karena Telah Menetapkan dalam kitab-kitab ini syariat yang sesuai dengan kondisi masing-masing umat serta telah menjadikan kitab terakhir, AL-Quran  Sesuai untuk umat manusia pada segala Zaman Dan Tempat Sampai Hari Kiamat.
  3. Mensyukuri Nikmat ALLAH atas diturunkannya kita-kitap tersebut.
Iman Kepada Rasul-Rasul
Manfaat Yang Diperoleh Adalah
  1. Mengetahui Rahmat (Kasih Sayang) ALLAH Dan Perhatiannya Kepada Umat Manusia Dengan Diutusnya Kepada mereka para rosul yang mulia untuk memberi petunjuk dan bimbingan
  2. Bersyukur kepada ALLAH SWT atas nikmatnya yang amat besar yang dikaruniakan kepada umat manusia
  3. Mencintai Para Rosul, Menghormati mereka dan memberikan pujian kepada mereka , karena mereka adalah utusan-utusan ALLAH SWT dan Hamba-Hamba Pilihan yang telah beribadah kepada ALLAH, menyampaikan risalahnya bersikap kasih kepada hambanya.
Iman Kepada Hari Akhirat
Manfaat Yang Diperoleh Adalah
  1. Berusaha Dengan sungguh-sungguh untuk senantiasa taat kepada ALLAH dengan penuh harap akan Pahala di hari akhirat dan senantiasa menjauhkan diri dari perbuatan Maksiat kepadanya karena takut akan azab pada hari tersebut.
  2. Memberikan kegembiraan kepada orang yang beriman bahwa kenikmatan dan kesenangan yang belum diperolehnya didunia akan diterimanya diakhirat.
Iman Kepada Qadar
Manfaat Yang Diperoleh Adalah:
  1. Bertawakal Kepada ALLAH SWT setiap Melakukan suatu usaha karena usaha yang dilakukannya dan hasil yang diharapkan akan diperoleh semuanya itu terjadi dengan Qadha Dan Qadar ALLAH SWT.
  2. Memperoleh Ketenangan jiwa dan ketenagan Hati. Tiada Seorang Pun yang lebih bahagia hidupnya, Lenih Tenang jiwanya dan lebih damai batinnya dari pada orang-orang yang benar-benar iman kepada Qadar
  3. Tidak Bersikap Sombong dan membanggakan diri ketika memperoleh apa yang diinginkannya.
  4. Tidak Merasa sedih dan kesal hati disaat apa yang diinginkan tidak tercapai atau apa yang tidak disenangi menimpa dirinya.
Hal ini telah diisyaratkan oleh ALLAH SWT dengan Firmannya:
“Tiada suatu bencana pun yang menimpa dibumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri, melainkan telah tertulis dalam kitab (Laul Mahfuzh) sebelum kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi ALLAH SWT (Kami Jelaskan yang demikian itu ) Supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput darimu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikannya kepada mu. Dan ALLAH tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri “ (Al-Hadid :22-23)

Post a Comment for "Hasil dan manfaat dari AKIDAH ISLAM"