Manfaat Positif Mudik

Manfaat Positif Mudik. Mudik adalah Kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk pulang kekampung halaman guna bersilaturahmi bersama keluarga. Berikut ini adalah beberapa manfaat saat melakukan mudik.

Manfaat Positif Mudik

Berbakti Kepada Kedua Orang Tua
Mudik adalah merupakan suatu bentuk bakti seorang anak kepada kedua orang tuanya, apabila Seorang anak rela melakukan perjalanan yang jauh, lama, melelahkan, dan menguras isi dompet hanya demi menjenguk kedua orang tuanya lalu bersimpuh, sungkem, mencium kedua tangan bahkan kakinya untuk memohon maaf atas segala kesalahan. Para pemudik itu rela berdesak-desakan dengan ribuan orang hanya agar bisa memandang, menyentuh, dan berbicara langsung kepada orang tuanya, mengharap maaf, ridho, dan restu dari orang tua tercinta. Tak jarang mereka membawa bermacam-macam oleh-oleh untuk menyenangkan hati orang tuanya. Orang tua mana yang tak bangga dan bahagia melihat anaknya pulang setelah beberapa waktu mencari nafkah di tanah orang. Membuat orang tua bangga dan bahagia inilah bentuk birrul walidain yang paling mudah dilakukan disamping mendoakan.

Semakin Eratnya Hubungan Antara Keluarga
Mudik juga menunjukkan bahwa bagaimanapun juga yang namanya hubungan keluarga itu tidak akan pernah putus. Hubungan teman boleh saja berakhir. Hubungan dengan pacar bisa saja berakhir putus dan galau. Tapi hubungan keluarga apalagi saudara kandung tak akan pernah bisa berakhir. Walaupun sang anak di Sabang dan sang ibu di Merauke, tetap saja hubungan diantaranya adalah ibu dan anak. Meski si Sulung di Pulau Miangas dan si Bungsu di Pulau Rote, tetap saja hubungan mereka adalah kakak beradik. Nah, mudik inilah momen yang kembali mengingatkan kita bahwa terpisah sejauh apapun yang namanya hubungan keluarga akan terus dibawa, bahkan sampai mati.

Tidak Melupakan Asal Usul
Mudik adalah salah satu momen yang mengingatkan bahwa kita tidak boleh lupa akan asal-usul kita. Sekaya apapun, sesukses apapun, sepandai apapun, sehebat apapun, sekeren apapun, segaul apapun, kita pada akhirnya akan kembali ke tempat kita dilahirkan dengan jalan mudik itu tadi. Sekaligus juga mengingatkan bahwasannya kita diciptakan oleh Tuhan, maka pada akhirnya kitapun akan kembali pada-Nya. Sejauh apapun kita pergi, tetap kita harus dan wajib mengingat asal-usul kita supaya kita tidak sombong.

Lebih Mengeratkan Kebhinekaan Sosial, budaya dan Adat Istiadat
Makna positif mudik yang terakhir adalah bahwa dengan mudik, tanpa disadari sebenarnya kita menyatukan kebhinekaan sosial, budaya, adat dan istiadat. Si A datang dari Medan, Mas B datang dari Makasar, Tante C datang dari Bali, Pakdhe D datang dari Jakarta, Dik E datang dari Manokwari semuanya lebur menjadi satu di kampung halaman ketika mudik lebaran. Saling berbagi kisah dan pengalaman dari daerah rantaunya masing-masing. Saling mencicipi oleh-oleh khas dari daerah rantaunya masing- masing.

Post a Comment for "Manfaat Positif Mudik"